Cara Alami Mengatasi Resiko Penyakit Hipertensi

Cara Alami Mengatasi Resiko Penyakit Hipertensi tentu saja sangat membantu anda agar terhindar dari tekanan darah tinggi yang dapat menjalar pada penyakit lainnya di dalam tubuh

Pengertian Penyakit Hipertensi menurut ahli

 

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi medis dimana tekanan darah dalam arteri meningkat secara kronis. Tekanan darah yang selalu tinggi dapat memicu serangan stroke, jantung, gagal jantung dan arterial aneurysm serta merupakan penyebab utama gagal ginjal kronik. Hipertensi terjadi biasanya pada tekanan darah 140/90 mmHg atau lebih. Apabila tekanan darah kurang dari 120/80 mmHg diartikan sebagai normal.

Tekanan darah dalam arteri bisa menjadi karena jantung memompa lebih kuat sehingga mengalirkan lebih banyak cairan pada setiap detiknya. Bisa juga karena arteri besar kehilangan kelenturannya dan menjadi kaku sehingga tidak dapat mengembang saat jantung memompa darah melalui arteri. Darah pada setiap denyut jantung dipaksa untuk melalui pembuluh yang sempit daripada biasanya dan menyebabkan naiknya tekanan darah. Serta dapat juga karena bertambahnya cairan dalam sirkulasi bisa menyebabkan meningkatnya tekanan darah. Hal ini terjadi apabila terdapat kelainan fungsi ginjal sehingga tidak mampu membuang sejumlah garam dan air dari dalam tubuh. Volume darah meningkat sehingga tekanan darah juga ikut meningkat.

Baca Juga Bagaimana Mengatasi Penyakit Osteoporosis

Cara Alami Mengatasi Resiko Penyakit Hipertensi

Resiko penyakit Hipertensi

Resiko penyakit ini biasanya rentan terjadi pada orang-orang berikut ini.

  • Orang yang memiliki salah satu anggota keluarga penderita hipertensi maka kemungkinan dapat diturunkan kepada anggota lain seperti anak kandung.
  • Orang yang gemar mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan garam.
  • Orang yang kurang berolahraga.
  • Orang yang berusia di atas 55 tahun beresiko mengidap penyakit hipertensi.
  • Orang dengan kelebihan berat badan (obesitas).
  • Orang yang suka merokok dan pecandu alkohol.
  • Wanita hamil dan yang mengkonsumsi pil KB.

Simak Cara Alami Menghindari Penyakit Stroke

Adapun gejala dari penyakit hipertensi umumnya tidak begitu dirasakan oleh penderita. Keadaan inilah yang kadang-kadang membuat penderita hipertensi tidak percaya pada diagnosa dokter dan mengabaikan saran dokter. Dalam sebuah penelitian dijelaskan ada sebagian orang yang merasakan gejala-gejala hipertensi yang bervariasi. Antaranya, sering pusing, sakit kepala, migrain, pendarahan hidung (mimisan), sulit tidur, sesak nafas, mudah marah, telinga berdenging, tengkuk terasa berat, jantung berdebar dan sering buang air kecil di malam hari.

Cara Alami Mengatasi Resiko Penyakit Hipertensi

Meskipun hipertensi tidak dapat disembuhkan, akan tetapi hipertensi dapat ditangani dan dikontrol sehingga resiko terjadinya penyakit lain dapat dihindari. Untuk itu terapkanlah pola hidup sehat sejak dini. Selain itu, pola hidup yang sehat wajib diterapkan bagi para penderita hipertensi. Dengan menerapkan pola hidup sehat berguna untu menurunkan tekanan darah dan dapat mencegah terjadinya hipertensi. Berikut ini adalah Cara Alami Mengatasi Resiko Penyakit Hipertensi .

  • Konsumsilah lebih banyak makanan berupa buah, sayuran dan kadar lemak rendah. Hal ini sesuai dengan pola makan DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension Eating Plan) atau pengaturan pola makan yang bertujuan menurunkan hipertensi.
  • Kurangi penggunaan garam (natrium) hingga tidak lebih dari 6 gram per hari. Sebuah penelitian DASH natrium menjelaskan dengan membatasi konsumsi garam hanya 1.500 mg atau sekitar 2 sampai 3 sendok te per hari maka terjadi penurunan tekanan darah.
  • Melakukan penurunan berat badan atau mempertahankan berat badan normal. Penurunan berat badan memiliki efek yang sangat baik dalam menurunkan tekanan darah. Jika terlalu banyak lemak di pinggang maka resiko terkena penyakit hipertensi akan sangat besar.
  • Menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga yang teratur. Olahraga adalah salah satu cara jitu untuk mengontrol tekanan darah. Cukup lakukan olahraga ringan seperti joging, berkebun, dan bersepeda atau melakukan pekerjaan rumah selama 30 menit seperti menyiram tanaman selama 30 menit, naik turun tangga selama 15 menit atau mengepel lantai selama 40 menit.
  • Berhentilah merokok dan minum minuman beralkohol. Merokok dapat merusak dinding pembuluh darah dan mempercepat proses pengerasan pembuluh darah arteri. Sedangkan minuman beralkohol dapat meningkatkan tekanan darah dan merusak hati, otak serta jantung.

Demikianlah penjelasan mengenai Cara Alami Mengatasi Resiko Penyakit Hipertensi . Simak Pembahasan Cara Menghindari Gejala Penyakit Kolesterol Tinggi Semoga bermanfaat!

Leave a Reply