Amankah Ibu Hamil Sambil Menyusui Bayinya?

Amankah Ibu Hamil Sambil Menyusui Bayinya? Mungkin hal ini banyak menjadi pertanyaa para wanita saat memiliki Bayi namun juga hamil dalam waktu bersamaan. Simak selengkapnya di ahli-gizi.com

Ibu Hamil Menyusui

Ibu Hamil Menyusui

Hamil merupakan salah satu anugerah terindah bagi setiap keluarga, terutama bagi wanita. Akan tetapi jika anda telah merencanakan kehamilan, namun anugerah tersebut hadir dalam waktu yang berdekatan, maka pertanyaan amankah hamil sambil menyusui akan muncul.

Kondisi demikian mendapatkan pandangan beda-beda di kalangan ibu hamil yang mendapati tes positif kehamilan. Ada beberapa diantara mereka yang dengan segera menyapih banyinya, padahal sang bayi masih membutuhkan ASI eksklusif. Namun ada juga ibu yang tetap melanjutkan memberikan ASI kepada bayinya.

Lantas sebenarnya amankan hamil sambil menyusui?? Berikut ini penjelasannya :

Amankah Ibu Hamil Sambil Menyusui Bayinya?

Amankah Ibu Hamil Sambil Menyusui Bayinya?

ASI adalah sumber nutrisi utama yang dibutuhkan bayi untuk membantu proses perkembangan dan pertumbuhannya ( Baca : Asupan Seimbang Nutrisi Dan Gizi Ibu Hamil). Namun anda harus memperhatikan kembali komponen ASI itu sendiri, ini dikarenakan memberikan ASI saat anda sedang hamil berbeda ketika anda hanya menyusui saja.

Kandungan ASI ibu yang tengah hamil mempunyai kuantitas dan kualitas yang kurang baik. apalagi jika kehamilan anda memasuki trimester ke dua. Walaupun begitu, bagi anda yang ingin tetap memberikan ASI atau menyusui ketika mengandung, maka jatah nutrisi untuk janin anda tetap masih bisa dipenuhi. Asalkan anda bisa memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi harian anda.

Hamil sambil menyusui memanglah harus mempertimbangkan banyak hal. Diantaranya yaitu kondisi kesehatan ibu, janin seta bayi yang anda susui. Jika bayi yang anda susui sudah mendapatkan MPASI atau makanan pendamping ASI yang mencukupi kebutuhan nutrisinya, maka ia bisa mendapatkan kecukupan nutrisi dati makanan yang dikonsumsinya. Namun apabila bayi yang anda cukupi masih membutuhkan ASI eksklusif, maka pertumbuhan terutama berat badannya harus sangat diperhatikan. Karena ini bisa menyangkut kondisi kesehatan sang bayi.

Selama masa kehamilan, biasanya ibu akan mengalami perubahan pada tubuhnya. Keluhan kehamilan yang anda rasakan akan 2 kali lebih besar dari biasanya terutama pada bagian payudara. Pada umumnya bagian putting payudara akan menjadi lebih lunak dan sering lecet. Namun anda bisa menyiasatinya dengan cara mencari posisi yang nyaman ketika menyusui.

Baca Gizi Diet Ibu Menyusui Jangan Takut Lapar

Bukan hanya itu saja, anda juga harus mempertimbangkan kondisi fisik anda. Biasanya ibu hamil akan lebih mudah merasakan capek. Jadi sebaiknya anda konsultasikan ke dokter terlebih dahulu mengenai amankan anda hamil sambil menyusui. Biasanya dokter atau bidan akan menyarankan beberapa hal dan memberikan anda vitamin tambahan.

Sedangkan untuk janin yang ada di dalam kandungan, jatah nutrisinya tidak akan berubah jika anda bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi tiap harinya. Namun selain itu, terjadinya kontraksi saat anda hamil sambil menyusui bisa terjadi kapan saja. Sehingga sangat penting bagi anda untuk selalu memperhatikan kondisi kehamilan anda.

Bagaimana Ladies ? apakah Amankah Ibu Hamil Sambil Menyusui Bayinya? sudah terjawab ?