Kandungan Gizi Pisang Dan Manfaat Kesehatan

Ahli-gizi.com – Kandungan Gizi Pisang Dan Manfaat Kesehatan. Menurunkan risiko kanker, asma, meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah. Simak Manfaat lainnya disini

Kandungan Gizi Pisang Dan Manfaat Kesehatan

Kandungan Gizi Pisang Dan Manfaat Kesehatan

Tanaman Pisang merupakan salah satu jenis tumbuhan yang paling mudah tumbuh di Indonesia. Hampir di seluruh wilayah Indonesia kita dapat menemukan pisang dengan berbagai jenis buahnya. Diantaranya,

  • pisang seribu,
  • pisang lilin,
  • pisang mas
  • pisang susu,
  • pisang ambon/embun (seperti ‘Ambon Putih’, ‘Ambon Hijau’, ‘Gros Michel’ dan ‘Cavendish’),
  • pisang barangan
  • pisang raja,
  • pisang tanduk
  • pisang kepok,
  • pisang siam

Pisang sebenarnya berasal dari tumbuhan liar, namun sangat banyak sekali Kandungan Gizi Pisang Dan Manfaat Kesehatan. Oleh karena itu dalam pembahasan ini kami berusaha menjabarkannya untuk anda.

Pisang tersusun menjadi sebuah Tandan yang berlapis lapis, dimana setiap lapis disebut dengan sisir. Warna pisang pada umumnya adalah Kuning saat matang dan hijau sat muda. Namun  ada juga yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau hampir hitam.

 

Kandungan Gizi Pisang

Kandungan Gizi Pisang

Jumlah Per 
Kalori (kcal) 88
Jumlah Lemak 0,3 g
Lemak jenuh 0,1 g
Lemak tak jenuh ganda 0,1 g
Lemak tak jenuh tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 1 mg
Kalium 358 mg
Jumlah Karbohidrat 23 g
Serat pangan 2,6 g
Gula 12 g
Protein 1,1 g
Vitamin A 64 IU Vitamin C 8,7 mg
Kalsium 5 mg Zat besi 0,3 mg
Vitamin D 0 IU Vitamin B6 0,4 mg
Vitamin B12 0 µg Magnesium 27 mg

Manfaat Pisang Terbaik Untuk Kesehatan

Manfaat Pisang Untuk Kesehatan 

 

Memperbanyak konsumsi pisang dalam menu diet setiap hari, memiliki bermacam manfaat dalam tubuh. Pisang membantu tubuh mencapai tujuan pengurangan berat badan, menjaga perut tetap sehat, memberikan nutrisi yang mengatur irama jantung dan memiliki senyawa nutrisi untuk kesehatan mata.

1. Pisang Melancarkan peredaran darah

Kandungan potasium pisang  baik untuk peredaran darah. Kandungan kalium membantu mengatur tekanan darah. Hal ini mampu menekan risiko stroke yang menimbulkan timbulnya gejala penyakit jantung.

2. Membantu pencernaan pada usus

Serat yang terdapat dalam pisang sangat baik untuk kurangi risiko wasir. Tidak perlu memakai obat pencahar, cukup mengkonsumsi saja buah pisang.  Jika dikombinasikan dengan susu , pisang membantu mengurangi risiko penyakit kanker usus besar . Vit C  Pisang akan menahan inflamasi karena proses inflamasi akan dipercepat dengan vit C pisang.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Pisang memiliki beberapa vit A, yang larut dalam lemak dan sangat penting untuk melindungi mata. Konsumsi vit A yang cukup bisa mengurangi resiko kebutaan dan sangat penting untuk penglihatan tiap hari.

Pria membutuhkan 900 mikro gr Satu pisang sebesar 6 inci, memiliki kira-kira 10 mikro gr vit A, perempuan membutuhkan 700 mikro gr vit A setiap hari. Pisang juga mengandung alpha karoten dan beta karoten, yang diganti menjadi vit A untuk lebih menjaga kesehatan mata.

4. Menormalkan Fungsi Jantung

komsumsi pisang saat makan setiap hari, akan menambah nutrisi untuk tubuh yang mendukung fungsi jantung. Pisang kaya mineral yang disebut elektrolit kalium. saat kalium masuk ke dalam tubuh, akan langsung ke dalam aliran darah melalui bilik usus. Kalium berjalan disekitar sel-sel di seluruh tubuh dan larut dalam cairan sel.

Proses ini terus mengalir di seluruh sistem tubuh, yang dibutuhkan untuk membuat jantung tetap berdetak. Dalam permasalahan ketiadaan kalium yang parah, irama jantung mungkin menjadi tidak tertib, yang mampu mematikan

Kandungan Gizi Pisang Dan Manfaat Kesehatan ini semoga bisa membantu anda