Mencegah dan Mengatasi Penyakit Diabetes Melitus

Mencegah dan Mengatasi Penyakit Diabetes Melitus sangat penting untuk anda ketahui agar anda tetap sehat. Kami juga membahas Cara Alami Mengatasi Resiko Penyakit Hipertensi

Apa Itu Diabetes Melitus

Apa itu penyakit Diabetes Melitus? Diabetes melitus adalah penyakit yang menghambat penggunaan glukosa oleh tubuh. Apabila ditahan dalam darah dan tidak diuraikan glukosa dapat menjadi racun. Penyakit ini disebabkan kadar gula darah lebih tinggi dari kondisi normal. Kadar gula darah normal adalah 60 mg/dl-145 mg/dl. Kondisi kadar gula darah yang tinggi sangat dipengaruhi oleh pola makan. Karenanya, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung peningkatan gula darah wajib dihindari dan keseimbangan antara zat-zat makanan harus dijaga. Selain itu olahraga secara teratur juga sangat diperlukan.

Mencegah dan Mengatasi Penyakit Diabetes Melitus

Tanda Penyakit Diabetes Melitus

Tanda-tanda dari penyakit diabetes melitus antara lain.

  • Rasa haus yang berlebihan
  • Galikosuria atau glukosa dalam urine (air kencing)
  • Cepat lelah
  • Apabila terjadi luka sulit sembuh
  • Daya penglihatan menurun kurang baik
  • Hypergalisimia peningkatan kadar gula

Baca juga Bagaimana Mengatasi Penyakit Osteoporosis

Tipe Penyakit Diabetes Melitus

Ada dua tipe penyakit diabetes melitus, yaitu;

  • Tipe Pertama
    • Ditandai dengan gejala yang terjadi secara tiba-tiba kadar glukosa gula darah yang tinggi. Tipe ini dapat diobati dengan suntikan insulin dan menjaga kondisi tubuh. Meningkatkan aktivitas kegiatan dengan olahraga yang dapat mengeluarkan keringat. Gula darah dapat menurun dengan aktivitas tubuh yang memerlukan energi. Terjadi pada saat usia muda.
  • Tipe kedua
    • adalah tipe diabetes melitus yang tidak tergantung pada insulin. Terjadi pada lanjut usia. Kondisi ini terjadi karena penurunan fungsi organ atau degedrasi. Terjadi secara perlahan dan kemungkinan tak ada tanda-tanda yang jelas. Biasanya pada orang yang gemuk dan lanjut usia dan tidak aktif kurang bergerak. Untuk mengatasinya perlu mempertahakan berat badan normal, olahraga secara teratur, menjaga pola makanan dan menggunakan resep dokter atau dapat juga dengan obat tradisional.

Mencegah dan Mengatasi Penyakit Diabetes Melitus

Langkah-langkah mencegah dan mengatasi penyakit diabetes melitus yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, ialah:

  • Menjaga pola makanan sehari-ari yakni dengan memenuhi menu gizi seimbang dan tidak berlebihan. Yang terpenting adalah mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.
  • Meningkatkan aktivitas fisik dengan berolahraga secara teratur minimal 150 menit perminggu. Adapun olahraga memiliki manfaat sebagai berikut:
    1. Menurunkan kadar glukosa dalam dara dengan terpakainya energi dengan olahraga dan dapat meredahkan kadar glukosa dalam darah selama 12-24jam kemudian.
    2. Menurunkan tekanan darah kadar kolesterol dalam darah jika sekiranya tinggi.
    3. Memperbaiki peredaran darah dalam tubuh.
    4. Menjauhkan stres dan mengawasi berat badan atau menjaga berat badan.
  • Melakukan penurunan berat badan dan mempertahankan berat badan normal. Umumnya penderita diabetes tipe 2 mengalami kelebihan berat badan dan lemak dalam tubuh yang dapat meningkatkan resiko terkena diabetes. Untuk itu menurunkan berat badan dapat menjadi salah satu alternatif mencegah penyakit diabetes melitus.
  • Mengetahui riwayat kesehatan keluarga. Dalam satu keluarga apabila ada yang menderita penyakit diabetes kemungkinan anggota lain atau keturunannya dapat terkena penyakit diabetes juga, karena sifat penyakit ini adalah genetical/bawaan/turunan.
  • Lakukan pemeriksaan kesehatan dengan mengecek kadar gula darah. Bagi penderita diabetes melitus berisiko tinggi disarankan melakukan pemeriksaan rutin yang dimulai usia dini.
  • Perbanyaklah konsumsi buah-buahan dan sayuran segar. Dalam sebuah penelitian dijelaskan bahwa zat warna dalam buah-buahan dan tanaman sayuran dapat merangsang produksi insulin.

Demikianlah penjelasan mengenai Mencegah dan Mengatasi Penyakit Diabetes Melitus, baca juga artikel bermanfaat kami Cara Menghindari Gejala Penyakit Kolesterol Tinggi . Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *